Jumat, 21 Oktober 2011

Belajar Bermain Gitar part 3

Tak terasa kita sudah part ke 3 lagii,,hehehe
Kunci gitar mungkin udah pada bisa,tapi sya sarankan anda bermain gitar 2 jam dalam satu hari,itu dimaksudkan untuk memperlancar jari-jari anda supaya tidak kaku lagi,,dan dalam bahasan kali ini saya sarankan pula kepada anda untuk pemanasan atau biasa disebut dengan senam jari. Senam jari ini sifatnya bebas terserah anda, tapi lebih baik anda senam jari dengan menggunakan nada-nada do re mi pa so la si do,di samping anda senam jari anda juga dapat melatih kepekaan pendengaran anda terhadap nada-nada.(jujur saya juga belum peka terhadap nada-nada karena saya juga masiih belajar hehehe).jika pendengaran anda sudah peka insyAllah anda dapat menyasar kunci gitar yang anda dengar dari lagu favorit anda...<sebenarnya gampang aja tinggal berkunjung aja ke om google..hehehe>,,,lalu jikaa pendengaran anda sudah peka terhadap tinggi rendahnya nada,anda juga nantinya akan bisa menyasar melodi dari sebuah lagu yang anda dengar.yang ane lakuin ketika nyasar sebuah melodi itu dengan menggunakan teori di tambah dengan insting anda serta pekanya pendengaran anda.
Teori yang saya gunakan yaitu dengan menghapal setiap nada-nada per fret...bila anda belum tahu saya akan kasih tahuuu,,hehhe

*Fret pertama di senar pertama jika anda tekan maka akan menghasilkan bunyi nada F
*Fret kedua disenar pertama jika anda tekan maka akan mneghasilkan bunyi nada F#
*Fret ketiga disenar pertama jjika anda tekan maka akan menghasilkan bunyi nada G
Nah fret ke empat disenar pertama jika ditekan pasti akan menghasilkan bunyi nada G#,seperti yang sudah saya jelaskan dipembahasan yang dulu,jika digeser  ke arah kanan atau di taikan setengah nada maka akan berurutan dari G# menjadi A dan seterusnya sampai ke fret yang ke 12 jika,nah di fret yang ke 13 itu balik lagi ke awal,apakah dapt di mengerti sampai sini?ataukah ada yang mau ditanyakan?bila ada yang ingin di tanyakan jangn lupa kasih kommennya yahh.hehehe

ohh iyah hampir lupa,,,bila kita menggeser ke arah kiri atau nadanya di turunkan maka akan menjadi kebalikan yang tadi.Biasanya nada yang diturunkan itu berlambang Fb(dibaca F mol) Misal kita main di nada D lalu kita turunkan setengah nada maka nada tersebut akan menjadi nada Cis..menurut saya Cis itu sama dengan Db,kan Cis itu naik setengah nada dari C dan Db itu turun setengah nada dari D,yaaa tempat atau letak dari kedua nada tersebut(Cis dan Db) itu disitulah tempatnya.

Haduhh,,hampir lupa lagi nihh,,,saya kan belum ngebahas pada senar ke dua yang menghasilkan bunyi-bunyi nada apa dan senar-senar berikutnya...okelahhh biar lebih singkat dan mudah di pahami kata kuncinya yaitu:

*Fret pertama disenar  kedua bila anda tekan akan menghasilkan bunyi nada C dan fret kedua di senar kedua pasti anda sudah tahu bunyi nada apa,benar,nada Cis karena sesudah C bila ditaikan nadanya setengah maka akan menjadi Cis...begitpun pada fret-fret berikutnya...hehehe
*Fret pertama disenar ketiga bila anda tekan akan menghasilkan bunyi nada G#,,,dan fret berikutnya pada senar ketiga anda sudah tahu kan bunyi nada apa?hehehe
*Fret pertama disenar keempat bila anda tekan akan menghasilkan bunyi nada D#...dan fret berikutnya tanpa saya jelaskan pasti sudah tahuu,,hehehe
*Fret oertama disenar kelima bila anda tekan akan menghasilkan bunyi nada A#,,,,dan fret berikutnya anda mengertikan????hehehe
*fret pertama disenar yang terakhir alias senar keenam bila anda tekan akan menghasiilkan bunyi nada F lagii,,begitupun seterusnya. Yang perlu anda inget jika anda menggeserkan ke arah kanan atau menaikkan setengah nada maka akan mengahsilakn bunyi nada yang sudah saya jelaskan tadiii.hehehe

nahhh setelah ini anda baca aja postingan ane yang dulu tentang macam-macam teknik gitar yang di muali dengan full-of,,hammer on dan sebagainya,,hehehe
semoga bermanfaat,,,,,,

0 komentar:

Posting Komentar

Sasuke's Mangekyō SharinganSasuke's Mangekyō Sharingan Sasuke's Mangekyō Sharingan